Perikanan dan Rumput Laut Potensi Andalan Kabupaten Sabu Raijua

26 Apr

Wednesday, 27 March 2013 09:02

Kupang, Aktual.co — Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadikan potensi perikanan dan rumput laut sebagai komoditi andalan daerah tersebut, guna menunjang pendapatan asli daerah dan perekonomian masyarakat

“Di tengah minimnya sumber daya alam, kami mengandalkan dua potensi tersebut  untuk terus dikembangkan di waktu mendatang,” kata Bupati Sabu Raijua, Marten Luther Dira Tome, kepada wartawan di Kupang, Sabtu (26/1) .
Menurut Dira Tome, budi daya rumput laut yang dikembangkan sejak lima tahun lalu, sangat diterima oleh masyarakat setempat, karena didukung oleh kondisi geografis daerah itu yang dikelilingi oleh laut.

Dia menjelaskan, produksi rumput laut  di kabupaten yang baru berusia tiga tahun itu, sebelum diintervenasi pemerintah, mencapai 14 sampai  15 ribu ton rumput laut kering per tahun.
“Setelah dintervensi pemerintah dengan bantuan berupa tali,pelampung,waring dan bibit unggul, produksinya bisa mencapai 20 sampai 30 ribu ton rumput laut kering per tahun,” ujarnya.
Sedangkan untuk potensi perikanan, lanjutnya, pemerintah kabupaten terus mendorong nelayan setempat memanfaatkan potensi yang ada.  Bahkan untuk membantu para nelayan,  pemerintah juga memberikan peralatan penangkapan ikan
Kata dia, pemerintah saat ini pun sedang mengupayakan pengadaan cold storage  dan membangun pabrik es, demi membantu para nelayan agar ikan hasil tangkapan tidak mudah busuk.
“Kami sudah mengajukan rencana tersebut kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta.Mudah-mudahan, bisa direspons demi membantu masyarakat,” katanya.
Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua, tambah Dira Tome,  membuka kesempatan dan memberikan kemudahaan untuk para investor guna menanamkan modalnya di kabupaten tersebut, terutama memanfaatlkan potensi kelautan dan perikanan yang ada, demi  mendukung pertumbuhan ekonomi daerah  dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Sumber : http://www.aktual.co
Iklan

Satu Tanggapan to “Perikanan dan Rumput Laut Potensi Andalan Kabupaten Sabu Raijua”

  1. kpg65 27 April 2013 pada 12:05 #

    testcomment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: