Kutipan

BROADBAND SERVICE

29 Jul

 

PENDAHULUAN

Definisi Broadband

Pengertian “broadband” didefinisikan oleh banyak literatur yang beberapa diantaranya adalah:

  • Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah channel dengan bandwidth yang lebih besar dari bandwidth channel dengan kualitas suara standar. Broadband channel biasanya digunakan untuk membawa multiple high-speed voice dan transmisi data pada lintasan komunikasi biasa.(Sumber: http://www.convergentnet.com/glossary.html)
  • Transmisi data dengan kecepatan lebih dari 56 Kbps (kilo-bytes per second) yang dapat membawa multiple signals dalam waktu yang bersamaan. Semakin besar bandwidth dari sebuah carrier, maka semakin banyak pula jumlah informasi yang bisa dibawanya. (Sumber: http://www.satellite-tv-hq.com/telecom-glossary-b.htm)
  • Istilah untuk koneksi berkecepatan tinggi dan koneksi Internet berkapasitas besar. (Sumber: allinternetnow.com/allnow/ain_terms.htm)

Sedangkan menurut TIA (Telecommunications Industry Association):

  • Broadband mempunyai arti yang berbeda bagi tiap-tiap orang
  • Fokusnya adalah kabilitas dan bukannya kecepatan
  • Broadband adalah kapasitas dan kecepatan transmisi dua arah yang cukup untuk aplikasi interaktif full-motion video, data dan suara  berkualitas tinggi.

Evolusi Broadband Services

Jaringan fixed line untuk broadband biasanya memberikan service ke suatu titik atau port tertentu :

  • Beberapa device dapat dihubungkan ke service tersebut melalui LAN di rumah atau di perkantoran menggunakan device yang dikenal dengan nama residential gateway.
  • Tetapi service tidak diberikan secara perseorangan (individualized) ke masing-masing device ataupun orang yang menggunakannya.
  • Jaringan broadband mobile, di lain pihak memberikan service individual/perseorangan device maupun penggunanya di manapun berada

 Dalam konsep Full Service Broadband network, kedua service tersebut (fixed dan mobile) dikombinasikan sehingga memberikan service yang ubiqiutous (anywhere, anytime, any device)

  • Pengguna dapat melakukan autentikasi dan service dapat digunakan menggunakan device sebarang.
  • Device dapat melakukan koneksi melalui jaringan akses mobile maupun fixed, memberikan kesan bahwa jaringan adalah transparan, yaitu perilaku koneksi akses yang sejenis/sama.
  • Device yang terkoneksi ke jaringan LAN di rumah/kantor dapat dicapai oleh device yang sedang mobile, memberikan akses yang transparan misalnya ke stored media.
  • Semua fitur di atas harus dienable dengan mudah (yang user friendly), lebih disukai apabila bisa plug-and-play.

 

 

 

Gambar disamping memberikan contoh bagaimana konsep Full Service Broadband. Konsep ini adalah konsisten dengan apa yang sudah sering kita dengar yaitu istilah Fixed Mobile Convergent. Dalam beberapa standarisasi maka beberapa institusi standar di dunia kurang lebih seiringan dengan apa yang disebut roadmap ke IP Multimedia Subsystem (IMS) / Next Generation Network (NGN).

 

Telkom Broadband

Pada saat ini, di Telkom, broadband service diidentikkan dengan SPEEDY. Di masa depan TELKOM harus lebih jeli melihat persaingan di level penggunaan teknologi. Apabila tidak waspada, maka selain driver pertumbuhan speedy yaitu content yang belum tumbuh, maka TELKOM akan digilas oleh operator lain yang datang dengan menggunakan teknologi yang lebih kompetitif : misalnya WIMAX

 

Going Digital World

Sebuah Laporan dari Forum The ITU TELECOM WORLD EVENT, Hong Kong, 4 – 8 Desember 2006 dengan judul “Living in the Digital World” menampilkan point-point sebagai berikut:

Konsumsi global media saat ini didominasi oleh konsumsi dalam bentuk digital. Gambar diatas memperlihatkan bagaimana media digital lebih banyak diminati dibandingkan dengan media tradisional seperti radio, koran, majalah dan bioskop. Kepopuleran media digital hampir sama dengan TV.  Media digital dalam gambar tersebut bahkan disukai oleh kelompok umur 18-54 tahun, sedangkan kelompok umur 54 tahun ke atas lebih menyukai TV

Trend Broadband dan Akses Wireless

Di jaringan fixedline, transisi dari narrowband menjadi broadband telah terjadi dengan cepat di dunia, terutama di negara-negara maju. Selain itu wireless access juga ikut berkontribusi meningkatkan penetrasi broadband di banyak negara menggunakan teknologi CDMA maupun GSM/3G. Pada akhir tahun 2005, 216 juta pelanggan telah terkoneksi broadband. Angka tersebut merupakan setengah jumlah pengguna internet, serta seperlima dari jumlah pelanggan fixedline di dunia.

Gaya Hidup Digital

Di era informasi, manusia pola hidup  manusia menjadi sangat tergantung kepada perangkat digital. Semakinmaju sebuah negara, semakin tinggi ketergantungannya kepada perangkat digital, yang dapat dikatakan menjadi anggota tubuhnya yang lain.Hal tersebut tidak terlepas dari hal-hal berikut ini:

Digital enabler

  • Fixed broadband (xDSL, Cable modem, FTTx)
  • Mobile broadband (mis. CDMA2000-1x Ev-DO, HSDPA)
  • Portable internet (WLAN, WMAN,WiMAX)

Connected Computing

  • Barcode
  • Telemetri
  • Robot
  • Konvergensi Media (Digital Audio Broadcating (DBA), IPTV, dll)

User Devices

User devices yang paling populer adalah handphone, MP3 player, MP4 player serta camera. Semua fungsi tersebut sekarang bisa disediakan dalam satu gadget dan sangat disukai oleh anak-anak muda. Untuk anak muda, gadget ini menjadi identitas diri. Di sisi lain gaya hidup sekarang terasa kurang lengkap apabila di rumah kita tidak memiliki TV ataupun PC. Dalam lingkungan yang konvergen maka keberadaan TV dan PC di rumah sekarang menjadi satu kesatuan dan apabila ditambahkan dengan mobilitas maka jadilah data/video mobile.

Digital content

  • Web (News, Online Store, Search Engines)
  • Music
  • Gambling
  • Online gaming
  • User generated content (Blog, Podcasting)
  • Context aware service
  • Digital home

Trend Telekomunikasi Dunia

1.      Telstra Vision (2005)

“Untuk memberikan kepada kastemer sebuah pengalaman berdaya dan berkesinambungan melalui seluruh device dan platform dengan cara melakukan 1 klick, 1 sentuhan, 1 tombol, 1 layar – baik bagi kastemer perseorangan, UKM, korporasi / enterprise maupun badan pemerintah”

 

Mengapa Telstra Fokus ke Broadband

 

 

2.      SingTel Strategy

SingTel memasuki era broadband dengan tiga pendekatan :

  • Pertama adalah pendekatan dari sisi kastemer blue chip / enterprise, dari VPN ke Managed IP Service
  • Kedua adalah pendekatan menjual lambda melalui jaringan optiknya
  • Ketiga broadband retail dikemas dalam Brand SingTel VideoSonic, yakni hi-speed internet, virtual studio, dll

 

Mengapa SingTel Fokus ke Broadband

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belgacom

Belgacom masuk ke bisnis content , khususnya entertainment dan game

 

 

Kasus British Telecom dan France Telecom

Bisnis existing British Telecom serta France Telecom menurun atau declining. Hal yang sama juga dialami oleh Telkom Indonesia. Apakah strategi yang digunakan oleh BT dan FT tersebut.

Strategi yang dipilih oleh British Telecom untuk tumbuh adalah melalui dua ujung tombak, yakni

  1. Menurunkan biaya dengan mentransformasi infrastrukturnya menggunakan teknologi NGN.NGN di BT berperan menggantikan infrastruktur existing yang saat ini sudah berada di sisi end of lifetime dari bath-up curve nya.
  2. Meningkatkan pendapatannya / revenuenya dengan menumbuhkan broadband.New services datang karena x.digital, lifestyle, dsb., yang dapat diterapkan dengan diimplementasikannya NGN dengan akses broadband. Karenanya strategi NGN harus dilink dengan BB

Strategi yang sama juga digunakan oleh France Telecom.

Kesimpulannya adalah  terlepas dari apakah Telco tersebut mempunyai bisnis mobile ataupun tidak, maka strategi pertumbuhannya adalah sama.  Telkom dapat menggunakan BT dan FT tersebut sebagai benchmark.

 

Bersambung : Bab 2.  DIGITAL HOME

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: